KULINER BULAN JANUARI 2020

Makan apa minum apa jajan apa ~

Salah satu kegiatan produktif yang wacananya akan rutin dilakukan tiap bulan, bikin jurnal tentang makan, minum, dan jajan. Berikut cerita makan untuk bulan Januari 2020 :))

Sudah difoto dan diedit se-aesthetic mungkin, semoga bisa menambah referensi makan di Balikpapan yaa

IMG_5329

Awal minggu pertama di tahun 2020 dimulai dengan nyobain sate taichan nyot2 di Balikpapan Baru. Harga per porsi sate taichan 25 rebu dapat 10 tusuk. Nasi 5 rebu dan es teh 5 rebu juga. Sate taichannya ada yang full daging, full kulit, atau kombinasi daging kulit. Untuk aku ya so so lah rasanya. Tetep sate bumbu kacang masih juarak !

Nggak cuma partner olahraga, makan pun juga ada partnernya. Belum ada namanya, dan kegiatan jajan ini terbentuk secara tidak sengaja pada tanggal 1 November 2019 waktu nyobain mie adoel. Jadilah kami tiap bulan ngelist tempat makan mana yang akan dikunjungi, jatah perbulannya 2 tempat aja, nggak usah banyak-banyak soalnya uangnya nggak banyak. Hehe :))

IMG_5330

Ayam kemangi, khusus yang ini self made 🙂
Kalo nggak salah pas malam minggu, ada persediaan ayam siap goreng *frozen, sambal bawang, dan kemangi. Langsung eksekusi, wesshhwuusshwess, taraaa~

Ayamnya digepuk sama sambal bawang sama kemangi. Dimakan pake nasi panas. Maknyusss~

IMG_5328

Edisi kepengen sejak lama makan cumi, akhirnya dibeliin ibu di pasar. Kepengen juga makan cah kangkung pake udang. Masak sendiri juga. Cuminya dimasak sambal ijo, tapi pas sudah mateng warnanya nggak ada ijo-ijonya sama sekali, tapi tetep enyaaaak :))

Ada sisa cabe keriting, diblender dibikin sambal buat bumbu Bali. Dimasak sampe mateng kemudian disimpan di jar terus dimasukin ke kulkas. Udah dipake buat bikin telur bumbu Bali dan cumi bumbu Bali juga.

IMG_5422

Malam minggu selanjutnya-selanjutnya, diajak ngedate ke kopisop tapi aku ngidam boba. Dan ada warung boba baru dekat rumah, solutif sekali bawa botol sendiri ke kopisopnya agar supaya tidak dicurigai bawa jajan dari luar. Plus akhirnya aku zero waste, setelah sekian lama.

Nyobain yang brown sugar, untuk rasa enak kok, cuma karena aku nyari sensasi ngunyah bobanya, agak sedikit kecewa sama tekstur bobanya. Kaya belum mateng sampe ke dalamnya. Jadi pas digigit, bagian tengah bobanya agak keras, kurang chewy. Ya mungkin karena faktor harga juga kali yaaa. Harganya 16 rebu, dibandingkan boba gulu-gulu yaa bolehlah.

IMG_5470

Malam Minggu lagiiii, kali ini ngedatenya aku didatangin ke rumah :))

Karena aku gagal menjamu air es atau yang dingin-dingin, akhirnya kami memutuskan buat cari es, es boba. Kali ini nyobain salted caramel, 20 rebu. Bobanya agak lebih chewy daripada yang kemarin beli, tapi tetep lebih enak kalo minta punya adek. Aku heran kalo adekku yang beli di tempat yang sama varian rasa yang sama, boba dia lebih enak daripada punyaku. Tapi yang salted caramel emang enaaaak sih lebih enak dari yang brown sugar :))

Author: HAMIDAHMU

انا لله وانا اليه راجعون

Leave a comment